Gambar TUMBUHAN GUNUNG " CANTIGI " 1

TUMBUHAN GUNUNG ” CANTIGI “

 

 

Kalian pernah mendengar pohon cantigi?atau jangan-jangan belum pernah…

Populasi pohon Cantigi sekarang masih bisa ditemukan di hampir semua gunung di Indonesia. Cantigi merupakan tumbuhan yang tahan terhadap asap belerang dan tanah kawah beracun. Tapi sayang banyak pendaki gunung yang nggak tahu dengan Cantigi.

Cantigi masih kalah dengan kepopuleran Edelweis yang di puja dan menjadi legenda bunga abadi di puncak gunung oleh kebanyakan para pendaki.

Pohon Cantigi ( Vaccinium Varingiaufolium ) memiliki beberapa julukan antara lain, seperti Manis Rejo (Jawa), Cantigi (Sunda), Delima Montak (Kaltim). Pohon yang cantik ini biasanya hidup atau mudah terlihat di vegetasi menjelang puncak atau di puncak gunung, sama dengan wilayah tumbuhnya Edelweis. Cantigi dominan tumbuh di hutan Sub Alpin. Juga ada yang hidup di pantai tetapi lebih terkenal Cantigi gunung.

Pohon Cantigi banyak memberikan bantuan terhadap pendaki, Akarnya yang kuat mencengkeram tanah dan tebing sering menjadi tumpuan atau pegangan pendaki ketika merangkak naik dan turun gunung. Pohon ini pulalah yang melindungi pendaki dari terjangan badai dan juga menyediakan lantai yang nyaman untuk bivak. Ia hasilkan buah dan pucuk daun yang bisa dimakan bagi pendaki yang tersesat. Cantigi memiliki daya tahan yang hebat, dapat tumbuh di tempat yang tinggi dimana sedikit tersedia akses makanan dan nutrisi. Sehebat apapun badai, Cantigi tak akan tumbang. Kuat mengadapi cuaca yang ekstrim dingin, dan menepis panas yang lekang.

Populasi Cantigi bisa dinikmati dengan indah saat bulan Juli – Agustus, karena pada bulan – bulan tersebut Cantigi akan berbunga, bunganya kecil berwarna ungu gelap, berbentuk lonceng dan berbau seperti almond. Kayunya sangat keras, daunnya agak tebal. Ketika muda ia bewarna kemerahan, kemudian akan berubah menjadi oranye, kekuningan dan akhirnya hijau. Saat bulan itu juga Cantigi akan berbuah, berbentuk seperti beri warna hitam. Buah dan daun muda Cantigi bisa dimakan untuk menambah stamina serta nutrisi bagi para pendaki dan juga berkhasiat sebagai obat demam dan penyegar badan.

Dengan besarnya manfaat yang diberikan, Cantigi. Para pendaki sebaiknya saling menjaga. Mari kita mulai palingkan wajah dan harapan baik ke Cantigi, rawat dan biarkan dia hidup di rumahnya. Bunga yang tumbuh indah di sela tebing terjal dan tingginya gunung. Cantigi sang pelindung para pendaki. Jangan lupa sapa sang cantigi kala bertemu.

 

Bahkan sang edelweiss mempunyai penjaga setia atas kecantikannya… “CANTIGI”

 

*hesbulkhofi

 

2 comments

  1. Rimba_kocan

    Tumbuhan yang hidup di mt.bandahara aceh tenggara. Taman bunga 2000 mdpl

  2. Cantik ya fotonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Respon Cepat
Limited Lifetime Guarantee
Jaminan Kepuasan
100% Transaksi Aman

COZMEED ©2019 All Right Reserved.
COZMEED.COM is Official Online Store.