GRATIS Ongkos Kirim Dengan Minimal Belanja RP 200.000 *

VERBENA BRASILIENSIS

 

” VERBENA BRASILIENSIS ”

Banyak orang mengira tumbuhan ini adalah bunga Lavender, tapi tahukah kamu “verbena” bukanlah bunga lavender. Jika kamu baru pertama kali menuju Oro-Oro Ombo, Gunung Semeru, kamu pasti langsung kagum dengan hamparan bunga berwarna ungu ini. Verbena Brasiliensis adalah penghuni lahan seluas kurang lebih 20 hektar di daerah Oro-oro Ombo, di jalur pendakian Gunung Semeru atau berada di ketinggian 2.460 mdpl. Bunga ini memiliki warna kombinasi kuning, hijau, dan ungu yang menciptakan landscape indah layaknya taman lavender atau taman-taman bunga yang ada di eropa.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Bunga yang berasal dari keluarga Verbenaceae ini merupakan tanaman berumur pendek alias semak tahunan yang tumbuh dari Januari hingga Agustus. Bunga ini dapat tumbuh sampai 2 meter tingginya dengan batang berbentuk segi empat dan jenis daun komposit atau berpasangan, berbentuk bulat memanjang dengan sisi yang bergerigi. Bunga ini bersifat invasif, yaitu sebuah sifat yang dimiliki oleh spesies yang menimbulkan ancaman bagi ekosistem dan lingkungan, atau bisa disebut tumbuhan hama.

Gambar VERBENA BRASILIENSIS 1

Berdasarkan buku Flora Pegunungan Jawa karya Van Steenis. Didalam buku tersebut diceritakan jika pada masa kolonial daerah Nongkojajar di Pasuruan menjadi loji (kompleks perumahan Belanda) dan di sana hidup seorang ahli botani yang gemar mendatangkan jenis-jenis tumbuhan dari luar negeri, termasuk Verbena brasiliensis. Tumbuhan ini diduga masuk ke TNBTS akibat intervensi manusia pada saat itu

Jika kita menelisik lagi, spesies Verbena ini ternyata juga bisa dijumpai di Sabana Bromo, Penanjakan. Di gunung Argopuro pun kita juga akan menemuinya saat di cikasur dan sepanjang perjalanan menuju rawa embik.

 

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Gambar VERBENA BRASILIENSIS 2
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

 

ㅤㅤㅤㅤㅤ
*hesbulkhofi
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Respon Cepat
Limited Lifetime Guarantee
Jaminan Kepuasan
100% Transaksi Aman