Shopping Cart

4 Perbedaan Jenis Jaket Gunung yang Wajib Anda Tahu!

Perbedaan jenis jaket ini penting untuk Anda ketahui. Jaket tidak hanya untuk stylish saja namun akan membantu Anda untuk mendapatkan perlindungan yang ekstra. Salah satu jaket yang harus dimiliki adalah jaket gunung. Jaket ini tidak hanya cocok untuk menemani Anda mendaki gunung namun juga cocok untuk menemani Anda dalam melakukan kegiatan outdoor.

Gambar 4 Perbedaan Jenis Jaket Gunung yang Wajib Anda Tahu! 1

Ada beberapa jenis jaket gunung yang bisa Anda temukan di pasaran dan semuanya ini memiliki perbedaan masing-masing.  Perbedaan jenis jaket inilah yang harus Anda pahami dan Anda ketahui agar bisa mendapatkan jaket dengan fungsi yang Anda inginkan. Simak beberapa perbedaannya berikut ini:

Waterproof

Perbedaan jenis jaket gunung pertama yang harus Anda ketahui waterproofnya. Jaket gunung jenis waterproof ini berbeda dengan jaket gunung yang hanya resistant saja. Jaket gunung dengan sifat resistant ini tidak sepenuhnya melindungi Anda dari air dan lapisannya bisa aus bahkan hilang. Berbeda dengan jaket waterproof yang mana bisa menahan air masuk dan membasahi tubuh Anda.

Lapisan penahan air pada jaket waterproof ini terinspirasi dari daun talas dimana air yang ada di permukaan daun talas tersebut tidak bisa menembus atau membasahi daun talas tersebut. Jenis bahan waterproof terbaik dan banyak digunakan adalah bahan gore-tex dimana dengan bahan ini Anda akan semakin pede dalam melakukan pendakian. Terutama digunakan untuk menembus hujan karena bahannya sangat bagus dan efektif untuk bisa menahan laju air.

Meski begitu Anda bisa menyesuaikan bahan gore-tex ini sesuai dengan kebutuhan Anda karena setiap bahan ini memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Simak beberapa perbedaan jaket waterproof berdasarkan jenis bahan gore-tex nya berikut ini:

  1. Standar

Perbedaan jenis jaket waterproof ini bisa dilihat dari bahan gore-tex nya. Misalnya saja adalah untuk jaket dengan bahan gore-tex standar hanya cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari Anda. Kalau Anda sering berkendara di malam hari gore-tex standar ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan karena bisa menahan tubuh Anda dari hujan dan juga angin ketika berkendara sepeda motor. Terutama di musim hujan seperti ini Anda membutuhkan perlindungan ekstra dari angin dan hujan yang menerpa Anda.

  1. Gore-tex active

Bahan gore-tex active ini sangat cocok untuk keseharian Anda yang bergerak aktif. Jaket ini sangat cocok bagi Anda yang suka melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung, ski atau bersepeda. Yang menjadi perbedaan dengan yang standar adalah kemampuannya menahan angin lebih kuat dibandingkan dengan yang standar. Saat musim liburan pun jaket ini juga cocok untuk Anda gunakan mendaki karena tahan angin dan hujan.

  1. Gore-tex pro

Jika Anda suka mendaki gunung dan sering mendaki gunung sampai beberapa kali dalam setahun maka Anda memerlukan jaket dengan bahan gore-tex dengan bahan pro. Perbedaan jenis jaket gore-tex pro, standar dan active adalah kemampuannya dalam menahan angin, air dan sebagainya. Perlindungan yang diberikan oleh jaket ini sangat maksimal sehingga Anda bisa tetap mendaki meski dalam guyuran hujan sekalipun.

Sesuai dengan namanya gore-tex pro ini ketahanannya lebih bagus dibandingkan dua tipe bahan sebelumnya. Karena jaket ini istimewa maka penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara merawat yang baik dan benar. Perawatannya cukup sulit, salah dalam melakukan perawatan akan menyebabkan jaket tersebut tidak bisa berfungsi dengan cara maksimal.

Windproof berbeda dengan Waterproof

Yang membuat jenis jaket gunung berbeda adalah fitur yang disematkannya. Jika menemukan fitur windproof maka jaket tersebut belum dilengkapi dengan waterproof namun sebaliknya jika Anda membeli jaket gunung dengan fitur waterproof maka sudah disematkan dengan fitur windproof.

Yang membedakan antara windproof dan juga waterproof adalah seemsheeld atau perisai pada jahitannya.  Perisai jahitan ini ada di bagian jaket dengan fitur waterproof dan windproof tidak dilengkapi dengan perisai jahitan tersebut. Oleh sebab itu jangan heran jika Anda membeli jaket gunung dengan windproof saja Anda tidak akan mendapatkan fitur berupa anti air ini.

Jaket Warm Up yang Hangat

Yang membedakan jenis jaket gunung satu dengan lainnya ini adalah kehangatan jaketnya. Jaket windproof maupun waterproof ini tidak akan memberikan kehangatan jika Anda tidak memilih jaket yang dilengkapi dengan fitur warm up. Jika Anda menginginkan kehangatan pada jaket Anda ini sebaiknya memilih yang sudah dilengkapi dengan fitur warm up. Pada beberapa jaket gunung berkualitas terbaik sudah ada yang dilengkapi dengan fitur warm up ini sehingga Anda tidak perlu membawa jaket dobel dalam perjalanan pendakian Anda.

Jika jaket Anda hanya memiliki fitur warm up saja maka Anda harus siap jaket Anda basah saat terkena angin hujan. Fitur warm up ini juga cocok untuk Anda gunakan pendakian saat di musim kemarau karena suhu pada musim kemarau ini suhu akan menjadi lebih dingin.  Bahan kain warm up ini pun terbuat dari polar sehingga sering disebut juga dengan jaket polar.

Perbedaan Lainnya

Selain beberapa perbedaan jenis jaket gunung diatas masih ada beberapa perbedaan lainnya yang berhubungan dengan jaket gunung tersebut. Simak beberapa perbedaan lainnya yang penting untuk Anda ketahui berikut ini:

  1. Perawatan

Setiap jenis jaket gunung ini memiliki perawatan berbeda. Anda tidak bisa memberlakukan perawatan yang sama pada setiap jenis jaket ini karena perawatan yang salah akan menyebabkan jaket Anda menjadi tidak awet dan menurun fungsinya.  Misalnya saja adalah jika bahan waterproof ini tidak bisa dicuci dengan deterjen dan pewangi maka jaket warm up ini bisa Anda cuci dengan kedua bahan tersebut.

Anda juga bisa mengeringkan jaket warm up di bawah sinar matahari langsung bahkan Anda bisa melipatnya saat penyimpanan. Anda juga bisa melakukan setrika pada jaket warm up ini sedangkan jaket waterproof tidak bisa dilakukan penyetrikaan. Jika Anda menggunakan jaket warm up yang sudah dikombinasikan dengan waterproof maka Anda bisa melakukan pencucian dan juga perawatan sama dengan jaket waterproof.   Tujuannya agar jaket warm up dengan kombinasi waterproof tersebut tidak mengalami kerusakan pada bagian lapisan waterproofnya.

  1. Harga

Perbedaan yang paling terasa adalah harganya.  Jika fitur yang dimiliki oleh jaket gunung Anda jauh lebih lengkap seperti sudah windproof, sudah waterproof dan ada warm up maka harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan jaket dengan satu atau dua fitur saja. Harga jaket waterproof akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan windproof karena jaket tersebut sudah pasti memiliki fitur windproof tersebut.

  1. Tingkat kenyamanan

Jika Anda menginginkan jenis jaket yang bisa membuat Anda nyaman mendaki gunung maka Anda bisa menggunakan jaket yang sudah dilengkapi dengan fitur breathable.  Jaket ini tidak akan membuat Anda gerah dalam melakukan pendakian dikarenakan udara lembab tersebut bisa keluar dari bahan atau kain Anda. Gerah atau panas bisa Anda alami akibat aktivitas pendakian yang tinggi. Jika jaket Anda belum ada fitur ini Anda akan merasakan kepanasan dan gerah selama pendakian.

Semoga setelah Anda mengetahui beberapa perbedaan jenis jaket diatas Anda bisa mengetahui mana jaket yang terbaik untuk Anda, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Respon Cepat
Limited Lifetime Guarantee
Jaminan Kepuasan
100% Transaksi Aman
Kirim pesan
Butuh bantuan?
Halo kak,
Ada yang bisa Fida bantu?