Shopping Cart

KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 1Bertualang, traveling, atau menjelajahi suatu destinasi dengan backpack memang sangat mengasyikkan. Selain dapat menemukan hal-hal baru ternyata kita juga dapat menjadi lebih mandiri. Backpacker menjadi sebuah pilihan yang bagus untuk kamu jalani saat melakukan perjalanan mengunjungi suatu destinasi. Backpacker adalah jenis traveler paling irit namun paling tangguh. Para backpacker biasanya adalah mereka yang memiliki jiwa bertualang tinggi. Mereka adalah orang yang sangat jarang berada di rumah dan lebih sering berada di tempat-tempat asing yang nggak semua orang tahu. Tujuannya? Tentu saja mencari pengalaman demi memenuhi panggilan jiwa petualang mereka.

 

Nah di artikel sebelumnya kan sudah kita kasih tau tips Backpackeran ala cozmeed. And now… Sebelum kalian berangkat bacpakeran atau bertualang, kalian harus tau juga kesalahan apa saja yang harus dihindari saat Bacpakeran ya. Mau tau kan pasti??

Simak….

 

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 2

1. PERSIAPAN YANG BERLEBIHAN/OVERLOAD BAWAAN 
Saat akan berangkat menuju sebuah destinasi. Kadang-kadang kamu terlalu excited dan menjadi over persiapan. Akibatnya kamu membawa barang bawaan terlalu banyak yang berefek ransel menjadi super berat dan nggak nyaman, bahkan ada lho yang bangga membawa tas segede kulkas agar dibilang keren, padahal barang-barang yang dibawa tidak semuanya fungsional. Jadi kesimpulannya, untuk mengatasi masalah ini kamu bisa membuat list apa saja barang yang harus dibawa sebelum packing. Pikirkan barang-barang yang penting dan perlu untuk dibawa (sesuaikan dengan kebutuhanmu), tinggalkan barang-barang yang tak fungsional, seperti benda pemberian mantan misalnya, nanti kalau baper repot.

 

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 3

2. PERSIAPAN YANG TERLALU SANTAI
Berkebalikan dari kesalahan yang pertama di post sebelumnya, ada juga orang yang terlalu santai saat pepare perjalanan, lalu meremehkan segala hal yang harus dipersiapkan. Contohnya adalah ketika kita nggak membawa sleeping bag atau trangia saat pergi berkemah, nggak siap membawa logistik saat akan bertualang. Atau nggak membawa P3K yang jelas-jelas sangat dibutuhkan dan harus dibawa saat melakuan travelling. Bahkan mimin pernah menemui beberapa orang saat mendaki gunung perlengkapannya sangat tidak safety. Ketidaksiapan dalam perjalanan ini dalam keadaan tertentu bisa sangat mengancam keselamatan hidup, bahkan bisa menyebabkan kematian loh. Jadi, bijak lah saat packing sebelum melakukan perjalanan ya.

 

3.  KEHABISAN UANG DI PERJALANAN
Jangan sampai uang kamu habis untuk hal-hal yang nggak perlu. Pastikan kamu memiliki dua cara untuk menyimpan uang. Pertama, ambil uang atau simpan lewat ATM. Yang kedua, simpan uang kamu secara terpisah dan jangan lupa sisihkan rencana biaya cadangan jika uang kamu sewaktu-waktu hilang atau dicuri. Yang jelas kamu harus benar-benar memanage pengeluaran selama travelling. Gunakan uangmu secara bijak pula.

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 4

4.  MINIM INFORMASI & REFERENSI
Lewat googling dan browsing melalui internet, kamu mungkin mendapat banyak informasi tentang sebuah destinasi. Tapi, jangan puas dengan informasi yang sudah kamu dapatkan.
Referensi yang terlalu sedikit, lebih berbahaya daripada jadwal perjalanan yang terlalu ketat. Ada baiknya, kamu lebih mempelajari secara detail tentang bahasa lokal, norma-norma budaya, sejarah, akses transport, makanan dan juga letak geografis destinasi tujuan. Cari referensi sebanyak mungkin. Hal ini juga berpengaruh terhadap isi dompetmu tadi, supaya gak kehabisan uang karena kamu nggak punya info / sumber referensi, sehingga pengeluaranmu tidak terkontrol.

 

5. TERLALU SIBUK BERSOSMED
Mungkin, kamu akan kangen dengan keluarga atau teman-teman di kampus saat traveling. Untuk mengobatinya, kamu akan menghubungi mereka lewat sosmed. Atau rempong mengupdate story di sosmed tentang apa saja yang kamu lakukan saat travelling agar teman-temanmu tau kalo kamu sedang jalan-jalan. Tapi, jangan sampai kamu over dan terlalu sibuk bersosmed ria hingga lupa kalau kamu sedang melakukan sebuah perjalanan. Saat bacpakeran/travelling, kamu harus meninggalkan itu semua dan mulai bersenang-senang fokus menikmati esensi perjalananmu. Karena esensi dalam sebuah perjalanan adalah saat kamu dapat mengambil pelajaran dari apa yang telah kamu lewati dan lihat.

 

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 5

6. MENGHINDARI ORANG LOKAL
Sebenarnya yang kamu butuhkan saat traveling adalah menambah teman yang berasal dari tempat yang kamu kunjungi. Hal tersebut akan membuatmu lebih senang mengenal budaya lokal dan membuat pemikiranmu semakin terbuka. Harus kamu sadari bahwa semua orang mempunyai sifat dan budaya yang bermacam-macam. Jadi, kamu gak perlu takut untuk berteman, Namun tetap harus berhati-hatilah untuk mengenal orang baru. Jangan sibuk sendiri dan terlalu over bersosmed seperti poin di atas, ada baiknya kamu mencari kenalan atau mengamati destinasi atau beberapa hal menarik dari destinasi yang kamu kunjungi (termasuk orang-orangnya), siapa tau dapat jodoh juga kan.

 

7. TERLALU MEMAMERKAN BARANG-BARANG
Memamerkan barang yang dimaksud adalah kamu terlalu mencolok saat traveling. Mungkin, kamu biasa memakai gadget-gadget canggih atau menenteng kamera SLR saat berjalan. Tapi, hal ini nantinya akan membahayakan diri kamu sendiri dari tindak kejahatan. Upayakan untuk tetap rendah hati dan nggak sombong atau memamerkan barang-barang mahal kesayanganmu. Sekali lagi, bawa barang yang simple dan benar-benar fungsional. Contohnya kamera pocket, mirrorlles yang selain ringan juga gak memakan tempat. Jadi nggak perlu kamu gantung gantung di badan.

 

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 6

8. MENGABAIKAN NASEHAT TEMAN
Belajar dari kesalahan teman adalah hal terbaik untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan saat traveling. Baiknya, kamu mengikuti saran temanmu sebelum memulai perjalanan. Traveling adalah kombinasi spontanitas, kerendahan hati, keyakinan, dan disiplin. Namun, untuk menyatukan hal-hal tersebut nggak mudah. Melalui saran teman yang sudah pernah mengunjungi destinasi tujuanmu, pasti banyak informasi atau pengalaman menarik yang dapat menjadi ‘buku panduan’.

 

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 7

9. MINUM MINUMAN KERAS
Nggak sedikit para traveler yang mabuk saat melakukan perjalanan dan menikmatinya. Mungkin hal ini sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stress. Tapi, ada baiknya kamu nggak ikut-ikutan mabuk, karena hal ini berbahaya untuk keselamatan dan tindak kriminal. Selain itu, kamu dapat menghemat uang dengan tidak melakukannya bukan?

10 BERMALAS-MALASAN / MENGHABISKAN WAKTU DI PENGINAPAN
Memang, menghabiskan waktu di tempat penginapan akan terasa menyenangkan. Kamu bisa tidur puas atau bersantai-santai tanpa ada yang melarang. Tapi, nggak ada salahnya kamu keluar penginapan dan bertemu masyarakat sekitar untuk sekedar melakukan interaksi singkat. Karena mungkin kamu akan banyak mendapatkan informasi dari masyarakat setempat tentang destinasi di sekitarmu. Selain itu, cobalah bermalam di tempat-tempat yang berbeda. Kamu bisa saja mendirikan tenda atau tidur di rumah penduduk. Hal ini tentu menyenangkan dan memberi sensasi yang berbeda. Jangan malas, manfaatkan waktumu untuk bersenang-senang menikmati destinasi tujuanmu.

 

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 8

11. BELI BANYAK OLEH-OLEH
Ketika banyak orang yang tahu kalau kamu sedang traveling, kadang mereka akan memintamu membawakan oleh-oleh. Ingat juga ya, sesuaikan dengan kantong dan jangan memikirkan gengsi. Bukan masalah besar jika kamu nggak membawakan mereka oleh-oleh kok, karena kamu punya alasan tersendiri untuk itu. Kamu harus pintar mengatur dan menyimpan uang selama traveling. Okay.

 

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 9

12. TERLALU BANYAK SPOT / LIST TUJUAN
Pastinya kamu ingin melihat banyak hal sewaktu kamu traveling, tapi jangan terlalu berlebihan. Kamu nggak akan bisa menikmati perjalanan jika kamu ingin mengunjungi banyak tempat sekaligus dalam beberapa hari, yang ada kamu akan capek dan menguras isi dompet. Cukup kunjungi beberapa tempat yang benar-benar kamu ingin lihat dan kenal lebih dekat.

 

Gambar KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT BACKPACKERAN 10

13.MEMLIH RANSEL YANG SALAH
Bacpaker pemula seringkali menganggap remeh pemilihan ransel. Padahal, ransel adalah salah satu elemen sangat penting yang bisa bikin perjalananmu jadi menyenangkan. Ransel yang nggak nyaman dan bikin sakit juga bakal bikin perjalanan kamu menderita. Dan yang paling penting kamu harus benar memilih ukuran ransel yang paling tepat untuk kamu bawa travelling, sesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya saat kamu akan melakukan perjalanan ke suatu destinasi.

Overall, Nggak usah bingung nyari tas ransel yang recommended, langsung saja ke store COZMEED / CARTENZSTORE ya gais…

*hesbulkhofi
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Respon Cepat
Limited Lifetime Guarantee
Jaminan Kepuasan
100% Transaksi Aman