Your Cart
Gambar Jangan sampai Salah Kostum dan Bawa Barang 'Useless' saat Bepergian 1

Jangan sampai Salah Kostum dan Bawa Barang ‘Useless’ saat Bepergian

 

Pernah merasa tas ransel  terasa begitu berat ketika melakukan perjalanan? atau ketinggalan baterai senter saat berada di tengah perjalanan?

Hal-hal konyol seperti itu akan sering terjadi ketika kita tidak memperhatikan pentingnya mengatur perlengkapan kita dengan baik dan benar.

Mengatur perlengkapan pribadi sebelum melakukan perjalanan merupakan bagian penting dari sebuah perjalanan. Sejatinya, perlengkapan dan peralatan dalam kegiatan alam bebas pada dasarnya untuk menunjang jalannya kegiatan, meningkatkan keamanan dan keselamatan, serta memberikan kenyamanan dalam berkegiatan di alam bebas.

Inilah mengapa Manajemen Perlengkapan Pribadi itu penting.

Ada beberapa point yang harus diperhatikan dalam melakukan manajemen perlengkapan pribadi untuk kegiatan alam bebas, yaitu:

 

  1.  Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan nantinya akan menentukan alat apa saja yang akan kita bawa. Misalnya perlengkapan mendaki gunung pasti berbeda dengan perlengkapan untuk kegiatan arum jeram. Lebih jauh, ada perlengkapan khusus yang dibutuhkan untuk kegiatan tertentu; Contohnya untuk melakukan pendakian Gunung Raung dibutuhkan perlengkapan khusus untuk pemanjatan dan safety.

 

  1.  Perlengkapan Wajib

Membawa perlengkapan pribadi merupakan sebuah keharusan dalam melakukan perjalanan. Perlengkapan pribadi yang paling utama dan wajib kita bawa saat melakukan kegiatan alam bebas seperti mendaki gunung adalah: ransel, pakaian lapangan, sepatu lapangan, alat makan personal, perlengkapan tidur, pisau lapangan, P3K, survival kit, penerangan, botol minum, perlengkapan sanitasi, HT, dan handphone.

 

  1.  Perlengkapan Khusus

Perlengkapan ini bersifat tambahan untuk menyesuaikan jenis kegiatan dan karakteristik khusus tempat yang akan kita tuju. Misalnya untuk melakukan pendakian di Gunung Raung, seorang pendaki harus membawa peralatan panjat tebing seperti tali kernmantle, harness, ascender, dan descender.

 

  1.  Sistem Packing

Kecakapan dalam menata barang bawaan adalah hal mutlak yang dibutuhkan oleh para penggiat alam bebas. Kecakapan ini meliputi kecepatan dan kerapian packing. Kondisi alam yang mudah berubah membuat penggiat alam bebas harus mampu melakukan packing dengan cepat untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang terjadi sewaktu-waktu.  Sedangkan kerapian packing menunjukan karakter dari seorang pendaki tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Respon Cepat
Jaminan Kepuasan
Limited Lifetime Guarantee
100% Transaksi Aman
Kirim pesan
Butuh bantuan?
Halo kak,
Ada yang bisa Fida bantu?