Your Cart
Gambar Fitur-Fitur yang Wajib Ada Pada Jaket Extreme dan Tips Memilihnya 1

Fitur-Fitur yang Wajib Ada Pada Jaket Extreme dan Tips Memilihnya

Fitur yang wajib ada pada jaket extreme – Jaket ini menjadi peralatan pribadi yang wajib untuk digunakan saat melakukan kegiatan di luar rumah. Terlebih lagi bagi petualang yang mana sangat hobi dalam melakukan pendakian atau pergi ke tempat yang cuacanya dingin atau ekstrem.  Pada dasarnya jaket ini merupakan jaket outdoor yang mana tidak hanya memiliki tampilan yang keren namun memiliki banyak fungsi yang mana tidak didapatkan dari jaket biasa.

 

Saat melakukan kegiatan outdoor dan peralatan yang digunakan tidak sesuai hal tersebut akan menyebabkan keselamatan dan keamanan menjadi taruhannya. Banyaknya pilihan yang ada di pasaran membuat Anda harus bisa memilih jaket extreme dengan baik dan benar tujuannya agar tetap nyaman dan aman saat berkegiatan outdoor. Supaya tidak salah dalam membeli berikut ini adalah beberapa fitur yang wajib ada pada jaket extreme berikut ini:

Fitur Windproof

Fitur yang wajib ada pada jaket extreme pertama adalah fitur windproof. Fitur ini bisa digunakan untuk menahan angin malam atau angin gunung yang tidak bagus untuk tubuh.  Dengan adanya fitur ini jaket extreme akan melindungi tubuh Anda dari angin sehingga tetap hangat digunakan saat malam hari. Tanpa adanya fitur ini angin bisa mudah menembus jaket Anda sehingga membuat tubuh Anda merasakan efek tidak nyaman.

Waterproof

Fitur yang wajib ada pada jaket extreme selanjutnya adalah waterproof. Dengan fitur ini jaket Anda akan menjadi tidak mudah basah. Angin malam dan juga embun di pegunungan bisa membuat jaket biasa menjadi mudah basah sehingga membuat Anda mudah masuk angin. Dengan menggunakan jaket extreme yang memiliki fitur waterproof ini ada lapisan penahan air yang mana membuat air tersebut tidak meresap ke jaket.

Jaket extreme terbaik juga memiliki sistem seemsheeld atau perisai yang bisa melindungi sisi jahitan agar tidak kemasukan air.  Semakin tinggi tingkat waterproof sebuah jaket akan semakin tinggi pula windproofnya. Jaket extreme yang sudah memiliki fitur waterproof pasti sudah memiliki fitur windproof, sedangkan kebalikannya yang memiliki fitur windproof belum tentu memiliki fitur waterproof.

Fitur Warm Up

Fitur wajib yang wajib ada pada jaket extreme selanjutnya adalah fitur warm up dimana berfungsi untuk bisa mempertahankan panas tubuh supaya tidak banyak keluar. Fitur ini tidak boleh diabaikan karena fungsinya sangat vital bagi tubuh. Saat jaket tidak bisa menjaga kehangatan tubuh hal tersebut akan membuat tubuh si pemakaiannya akan mengalami hipotermia akut atau bahkan kronis. Pendaki yang mengalami hipotermia ini harus segera diberikan penanganan dengan cepat dan tepat agar suhu tubuhnya kembali normal.

Hipotermia ini tidak boleh dianggap remeh karena bisa membuat gangguan di saraf maupun organ tubuh yang lain. Suhu tubuh menjadi turun secara tiba-tiba diikuti dengan beberapa gejala seperti menggigil terus menerus, mengalami halusinasi dan yang terparah adalah jantung bisa mengalami kolaps. Sedangkan pada tahap berat bisa menyebabkan irama jantung tidak normal dan hal inilah yang harus diantisipasi karena mampu mengancam nyawa.

Untuk mencegah terjadinya hipotermia saat berada di pegunungan ini pemilihan jaket sangat penting sekali. Untuk bisa mengetahui apakah jaket tersebut memiliki fitur warm up atau tidak bisa Anda lihat dari bahan kainnya. Jaket extreme dengan fitur warm up terbuat dari bahan polar pada bagian innernya sehingga sering disebut juga dengan jaket polar. Untuk bahan luarannya banyak yang terbuat dari bahan parasut.

Fitur ini tidak hanya bermanfaat saat musim dingin saja. Anda yang melakukan pendakian saat musim kemarau bisa menggunakan jaket dengan fitur ini. Alasan mengapa Anda membutuhkan jaket dengan fitur warm up saat musim kemarau adalah suhu udara akan menjadi lebih dingin dimana hal tersebut bisa menyebabkan kehilangan suhu tubuh secara drastis.

Tips Memilih

Tidak hanya fitur yang wajib ada pada jaket extreme saja yang harus Anda ketahui namun tips memilih jaket extreme ini juga sangat penting untuk Anda ketahui.  Simak beberapa tips memilih jaket extreme yang penting Anda perhatikan seperti berikut ini:

  1. Ukuran

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukurannya. Pilih jaket yang memang memiliki ukuran sesuai dengan tubuh Anda. Jangan memilih jaket terlalu kecil dan besar.  Saat memilih jaket pastikan Anda mencobanya untuk bergerak dan rasakan apakah Anda nyaman saat menggunakannya atau tidak.

  1. Velcro yang rapat

Anda yang ingin membeli jaket extreme untuk kegiatan outdoor Anda penting untuk memilih velcro yang rapat. Velcro yang rapat ini bertujuan untuk mencegah masuknya air. Velcro ini terletak pada beberapa bagian seperti di bagian hoodie dengan sifat lepas pasang. Selain itu pada beberapa jaket bagian pergelangan tangan juga dilengkapi dengan velcro.

  1. Saku jaket gunung

Meski terlihat sepele namun saku ini mendukung kenyamanan Anda saat mendaki gunung. Pilih jaket extreme dengan jumlah saku minimal 2 dan maksimal 3. Mengapa demikian? Alasannya karena semakin banyak saku akan semakin banyak jahitan dimana hal tersebut tidak bagus untuk Anda. Selain itu Anda bisa memilih jaket yang sakunya dilengkapi dengan waterproof zipper sehingga saku Anda tidak akan mudah basah sebab sifatnya yang waterproof.

  1. Dilengkapi dengan hoodie

Ada baiknya jika Anda membeli jaket extreme yang mana dilengkapi dengan hoodie. Hoodie ini sangat penting dalam sebuah jaket. Hoodie ini bisa menutup kepala Anda dan membuat kepala tetap hangat meski Anda mendaki dengan suhu udara yang sangat dingin sekalipun.

Tidak hanya udara dingin namun hoodie ini juga bisa melindungi kepala Anda saat cuaca panas. Terik panas yang langsung menyerang kepala ini akan membuat Anda mengalami sakit kepala, pusing dan berkunang-kunang sehingga membuat pendakian Anda terhambat. Saat udara berangin hoodie ini juga bisa melindungi telinga Anda dari tiupan angin pegunungan.

  1. Dilengkapi pengencang pinggang

Tips memilih jaket extreme selanjutnya adalah Anda bisa memilih jaket yang dilengkapi dengan pengencang pinggang.  Pengencang pinggang ini bisa memudahkan Anda saat bergerak saat memakai jaket tersebut. Pilih yang pengencangnya bisa diatur sedemikian rupa karena ukuran pinggang yang berbeda-beda.

  1. Warna

Warna jaket extreme yang gelap memang tidak akan mudah kotor, namun warna ini tidak dianjurkan untuk jaket extreme atau jaket outdoor alasannya karena lebih mudah menyerap panas sehingga mudah bagi Anda untuk gerah atau kepanasan. Untuk keamanan lebih baik jika Anda memilih jaket dengan warna yang cerah supaya lebih mudah dalam ditemukan saat berada di hutan atau alam luas.

Selain itu pilih dengan satu warna atau sedikit warna kombinasi. Semakin sedikit warnanya maka semakin sedikit jahitan untuk menempelkan warna tersebut.  Sedikit jahitan ini bisa membuat Anda jauh lebih nyaman saat dipakai ketika hujan maupun berangin.

  1. Logo

Tips terakhir adalah Anda bisa memilih jaket yang mana penempelan logonya dengan cara disablon. Jika dibordir rentan mengalami kebocoran sehingga bisa membuat jaket bocor dan menyebabkan kerugian pada diri Anda.

Demikianlah beberapa fitur yang wajib ada pada jaket extreme dan cara pemilihan jaket yang tepat, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Respon Cepat
Jaminan Kepuasan
Limited Lifetime Guarantee
100% Transaksi Aman
Kirim pesan
Butuh bantuan?
Halo kak,
Ada yang bisa Fida bantu?