Your Cart
Gambar 12 Cara Merawat Jaket Gunung yang Baik dan Benar 1

12 Cara Merawat Jaket Gunung yang Baik dan Benar

Merawat jaket gunung ini susah-susah gampang. Alasannya adalah jaket gunung tersebut berbeda dengan jaket biasa. Di dalam jaket gunung memiliki berbagai macam fitur yang mana jika tidak dirawat dengan baik menyebabkan fiturnya mudah mengalami kerusakan. Salah satu fitur yang ada pada jaket gunung adalah fitur waterproof dimana jika perawatannya salah akan menyebabkan fitur tersebut menjadi hilang dan tidak berfungsi secara maksimal.

Gambar 12 Cara Merawat Jaket Gunung yang Baik dan Benar 2

Saat kemampuan dan fitur jaket gunung tersebut menurun, jaket tersebut akan menjadi jaket biasa yang mana tidak bisa menangkal air, menangkal hawa dingin dan sebagainya. Tentu hal ini akan merugikan dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Jaket tersebut sudah tidak layak lagi dipakai saat pendakian. Supaya Anda aman dalam mendaki berikut ini adalah cara merawat jaket gunung yang bisa Anda lakukan:

Mengecek Label

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek label jaket tersebut terlebih dahulu.  Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah tidak membaca petunjuk dalam label. Anda bisa membaca apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.  Label pada jaket ini biasanya ada pada bagian pinggang atau leher jaket Anda. Banyak yang tidak memperhatikan label tersebut. Label pada jaket ini menjelaskan tentang bagaimana cara pencucian dan perawatan. Jaket gunung ini dibuat dengan berbagai macam bahan yang berbeda sehingga perawatannya berbeda.

Kendorkan Bagian Tali

Merawat jaket gunung selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengendurkan pada bagian tali jaket tersebut. Tujuan dari mengendurkan bagian tali adalah agar kotoran maupun lumpur yang melekat pada jaket maupun lipatannya tersebut bisa menghilang secara tuntas saat pendakian. Selain itu mengendurkan bagian tali ini bisa membuat jaket Anda tetap awet dan juga tahan lama.

Umumnya tali ini ada di atas jaket dan juga berada di bagian pinggang. Semua tali harus dikendorkan semua barulah Anda bisa mencuci jaket tersebut. Cuci dengan lembut agar komponennya tidak rusak dan membuat fungsi jaket Anda menjadi menurun.

Hindari Penggunaan Deterjen maupun Pelembut

Ada beberapa bahan yang tidak bisa dicuci dengan menggunakan detergen dan juga pelembut pakaian. Alasannya adalah zat additive pada jaket tersebut akan merusak struktur waterproof yang ada pada jaket tersebut. Detergen dan pelembut pakaian ini bisa merusak fungsi kedap air yang kemudian perlahan menjadi hilang. Sebagai gantinya beberapa bahan bisa diganti dengan shampoo atau sabun khusus bayi untuk melakukan pencucian. Anda bisa menyikat bagian-bagian yang kotor menggunakan sikat gigi dan Anda tidak memerlukan perendaman.

Air Hangat

Untuk bahan jenis gore-tex Anda bisa menggunakan air hangat untuk mencucinya. Anda cukup merendam jaket tersebut sebentar kemudian bersihkan menggunakan spons atau sabun bayi. Kucek secara perlahan dan bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Khusus pembilasan Anda harus menggunakan air yang mengalir.

Cek Kantong dan Hoodie

Merawat jaket gunung yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian kantong dan juga hoodie Anda.  Alasan Anda harus melakukan pengecekan ini adalah ada beberapa barang seperti permen, benda tajam dan juga uang yang tertinggal di dalam saku atau hoodie. Jaket Anda juga akan mudah rusak jika di dalamnya terdapat permen karet saat proses pencucian. Jika hoodie Anda lepas pasang disarankan untuk membuka hoodie jaket supaya tidak ada air yang tersisa di dalam hoodie tersebut.

Hindari Perendaman

Supaya jaket Anda awet maka Anda harus menghindari perendaman. Sebelum Anda mencuci jaket ini jangan pernah merendam alasannya membuat jaket menjadi menipis. Perendaman juga membawa efek buruk seperti warna jaket akan mudah memudar terlebih lagi jika menggunakan deterjen saat perendamannya.

Perhatikan Jahitan

Merawat jaket gunung adalah memperhatikan jahitannya.  Pada bagian jahitan ini ada lapisan seal yang mana bisa  membuat jaket Anda tahan terhadap air dan juga angin. Kotoran yang bisa menempel di jaket gunung tersebut adalah debu, tanah, teh dan juga tumpahan kopi dimana Anda bisa membersihkannya menggunakan air saja. Sayangnya banyak yang menganggap jika tidak menggunakan sabun akan kurang bersih padahal sabun dengan pH yang tinggi hanya akan merusak seal jahitan.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun yang tidak ada pHnya dimana banyak ditemukan di supermarket besar. Ada banyak pilihan yang bisa Anda temukan dan harganya cukup bervariasi. Jika memang Anda kesulitan untuk mendapatkan sabun tanpa pH Anda bisa menggunakan sabun bayi yang murah meriah.

Hindari Sabun Colek dan Sabun Mandi

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lakukan untuk jaket gunung Anda adalah jangan mencuci dengan menggunakan sabun colek dan sabun mandi. Kedua sabun tersebut memiliki kadar pH yang tinggi dimana justru merusak waterproof dan juga windproof jaket Anda. Selain itu lapisan di bahan jaket gunung tersebut sangatlah sensitif dengan bahan kimia. Kandungan bahan kimia yang keras justru akan membuatnya rusak sehingga Anda harus merawatnya dengan penuh kelembutan, cinta kasih dan juga perhatian.

Diangin-Anginkan

Jaket gunung ini tidak bisa dijemur langsung dibawah sinar matahari karena bisa merusak warna dan juga fitur-fiturnya. Terutama bagi bahan gore-tex dimana hanya bisa dikeringkan dengan cara diangin-anginkan.  Pada jaket dengan bahan gore-tex ini Anda bisa mengeringkan dengan menggunakan hairdryer supaya lebih cepat. Pengering rambut juga membuat lapisan mikroskopiknya bisa menyatu dengan sempurna.

Jangan Meremasnya

Teknik perawatan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dengan jangan meremasnya. Setelah dibilas cukup dikebut-kebutkan. Memeras jaket hanya akan membuat serat dan struktur jaket Anda menjadi rusak. Selain seratnya rusak, seal pada bagian jaket ini juga bisa mudah terkelupas sehingga risiko kebocoran sangat mungkin terjadi.

Untuk jaket yang sudah kering ini tidak boleh disetrika. Anda hanya bisa menyetrika pada bagian logonya saja. Untuk jaket gunung ini sebaiknya Anda tidak menyerahkannya ke jasa laundry, Anda bisa memberikan penanganan sendiri. Kecuali jika jasa laundry tersebut sudah berpengalaman dalam mencuci peralatan pendakian.

Teknik Penyimpanan

Teknik merawat jaket gunung penting untuk dikuasai oleh semua pendaki. Setelah teknik pencucian hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah teknik penyimpanannya. Saat jacket Anda kering sebaiknya gantung jaket Anda di tempat yang aman agar jaket terlihat rapi saat digunakan. Hindari menyimpan di lemari yang sudah sesak karena akan membuat jaket Anda terlihat kusut. Anda bisa menyimpannya di lemari yang memiliki ruang penyimpanan dalam lemari dengan ruang yang masih luas atau masih memadai.

Hindari Parfum

Cara perawatan terakhir yang bisa Anda lakukan dengan tidak menyemprotkan parfum ke jaket Anda. Mungkin Anda menginginkan jika aroma jaket Anda lebih wangi dan menyegarkan namun tahukah Anda jika parfum yang biasa Anda gunakan mengandung bahan kimia sehingga justru bisa merusak lapisan jaket Anda.

Demikianlah cara merawat jaket gunung yang bisa dilakukan, semakin lama digunakan akan membuat lapisan waterproof jacket Anda mengalami aus dan penipisan, Anda bisa merawatnya dengan menyemprotkannya dengan waterproof spray supaya jaket fitur waterproof tetap bekerja dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Respon Cepat
Jaminan Kepuasan
Limited Lifetime Guarantee
100% Transaksi Aman
Kirim pesan
Butuh bantuan?
Halo kak,
Ada yang bisa Fida bantu?