GRATIS Ongkos Kirim Dengan Minimal Belanja RP 200.000 *

TIPS BACKPACKERAN ALA COZMEED

Sebelum menyebut diri sendiri sebagai backpacker, kamu harus tahu pengertian backpacking itu sendiri. Prinsip utama backpacking adalah independent (tidak bepergian bersama kelompok tur), travel light (membawa barang sesedikit mungkin), educated (bersifat mendidik) dan travel cheap (berwisata dengan cara dan biaya yang murah). Lebih spesifik lagi, ada beberapa hal lain yang membedakan backpacker dengan wisatawan biasa.

Which is, Backpacking bisa diartikan sebagai salah satu metode atau cara dalam melakukan perjalanan. Tiap orang pasti mempunyai cara tersendiri untuk menghabiskan waktu liburnya masing-masing. Demikian juga dengan para traveller ber-ransel atau sering kita sebut backpacker. Mereka punya cara sendiri saat jalan-jalan. Backpacker tulen hanya melakukan perjalanan secara mandiri atau independen.

Dan, backpacker menjadi sebuah pilihan yang bagus untuk kamu jalani saat melakukan perjalanan mengunjungi suatu destinasi. Dan yang pasti sebelum melakukan perjalanan jangan lupa untuk selalu merencanakan segala sesuatunya ya.

 

Berikut ini tips Backpackeran dari Cozmeed untuk kamu yang ingin bacpakeran nyaman sekaligus mengirit pengeluaran saat travelling :

 

1. Buat perencanaan perjalanan dan jadwalnya (Itinerary), supaya waktu yang ditentukan nggak molor.

Itinerary yang baik akan memudahkanmu saat melakukan perjalanan. Fungsinya adalah supaya dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang kira-kira akan kita lakukan pada saat perjalanan kita nanti. Karena di suatu perjalanan itu sendiri, pasti  bakalan ada beberapa momen tak terduga yang akan meghampirimu. Dengan itinerary yang jelas pasti dapat membantu kamu mengatasi dan meminimalisir momen tak terduga tadi.

 

2. Pilih destinasi yang ramah, aman, dan nggak banyak mengeluarkan budget.

Tentu kamu nggak ingin di suatu destinasi kamu mengalami hal yang nggak diharapkan, misal : seperti kehabisan uang, kekurangan uang, atau bahkan kamu mengalami pencurian.Nah ada baiknya sebelum melakukan perjalanan kamu memilih destinasi yang akan kamu kunjungi, tentunya sesuaikan dengan kantongmu juga kan.

 

3. Bawa barang seperlunya dan se-efisien mungkin yang akan kamu gunakan, agar nggak menambah beban.

Sebagai seorang backpacker, sebenarnya cukup banget untuk hanya membawa satu tas ransel saja. Tapi membawa tas ransel kecil yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering dikeluarkan juga disarankan. Kamu boleh membawa waistbag / travelpouch.

Yang paling penting ialah selalu membawa barang-barang seperlunya aja. Karena semakin banyak barang yang kamu bawa akan menambah pula beban bawaanmu dan berefek semakin banyak juga barang yang harus kamu jaga. Jangan lupa juga untuk selalu buat daftar checklist untuk barang-barang apa saja yang harus dibawa. Hal ini berfungsi juga agar kamu tahu kalau ada barang yang ketinggalan ataupun hilang.

 

4. Berjalan kaki, atau menggunakan transportasi umum seperti bus yang tentunya lebih mengirit biaya.

Untuk transportasi, coba untuk selalu menghindari penggunaan taksi. Menggunakan trasnportasi umum seperti bus, akan jauh lebih murah dan kamu tentu bisa berinteraksi dengan orang lain.

Sekali-kali cobalah untuk jalan kaki. Dengan berjalan kaki, kamu lebih bisa menikmati sudut-sudut tersembunyi di destinasi tujuanmu. Selain itu dengan jalan kaki yang gak ngeluarin biaya, kamu bisa menghemat uang jajan. Dan pastinya dengan berjalan kaki lebih menyehatkan tubuh.

 

5. Jangan malu bertanya harga ketika kamu ingin membeli makanan, atau barang (sesuaikan dengan kantong).

Sudah pernah denger pepatah “malu bertanya sesat di jalan” kan?? Ini berlaku juga saat kamu sedang backpackeran. Jadi jangan sungkan atau malu ketika kamu ingin mencari makan atau barang apapun. Hal ini berguna agar kamu dapat mengira-ngira budget yang dikeluarkan sesuai kebutuhan dan kantongmu, dengan harga tercantum atau jelas pastinya lebih memudahkan kamu mengira-ngira pengeluaranmu.

 

6. Menahan diri untuk membeli barang-barang yang nggak begitu perlu disebuah destinasi.

Pasti aka nada beberapa hal menarik utuk dilihat atau dibeli saat kita mengunjungi tempat baru. Namun hal itu harus kamu batasi ya. Karena sebagai seorang backpacker sangat penting untuk kamu bisa menahan hal-hal seperti itu. Ingin pergi kesana lah, ingin membeli itu,  mau foto disana. Hati-hati akan hal itu, karena bukan soal masalah duit saja yang bisa berantakan. Tapi rencana perjalananmu juga akan ikut berantakan tentunya. Dan kamu juga bisa kehilangan waktu. Cara terbaik untuk menghindaari hal-hal tersebut adalah dengan mendisplinkan dirimu. Fleksibel dan selalu ingat dengan sisa waktu dan budget yang kamu miliki.

 

7. Selalu update tiket-tiket promo murah pesawat atau kereta yang mungkin bisa dicoba.

Hal yang paling penting lagi yaitu : sebagai seorang backpacker kamu harus selalu siap siaga akan adanya promo tiket-tiket murah, Karena kamu tahu sendiri, kalau harga tiket aslinya akan lebih mahal. Belum lagi harga tempat penginapan serta transport di tempat tujuan. Jadi sudah wajib hukumnya untuk selalu update akan hal ini. Berburulah tiket murah. Siapa tahu tiba-tiba dapat jackpot dengan harga tiket yang paling rendah.

 

Gimana Cozmeeder, mungkin kalian bisa mencoba tips-tips diatas saat backpackeran….  SALAM BROTHERHOOD……!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


“You don’t have to be rich to travel well.” – Eugene Fodor

 

*hesbulkhofi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Respon Cepat
Limited Lifetime Guarantee
Jaminan Kepuasan
100% Transaksi Aman