GRATIS Ongkos Kirim Dengan Minimal Belanja RP 200.000 *

TIPS MEMOTRET PEMANDANGAN DENGAN SMARTPHONE

 

Mengabadikan momen saat kamu mengunjungi suatu destinasi nggak harus lewat kamera DSLR yang lumayan berat jika dibawa, di era saat ini kecanggihan teknologi kamera smartphone dirasa cukup mumpuni untuk menangkap view indah yang akan kamu bidik.

Maksimalkan smartphone yang kamu punya untuk mengabadikan pemandangan dan mendapatkan hasil gambar yang bagus, yuk ikuti tips-tips berikut ini :

  1. Pahami bahwa cahaya adalah hal utama. Sehingga saat memotret, cahaya yang cukup sangat berpengaruh untuk hasil jepretanmu. Pastikan kondisi kamu saat memotret memiliki pencahayaan yang cukup. Hal ini menjadi nomor 1 karena keterbatasan sensor kamera handphone yang ukurannya lebih kecil dari DSLR, Karena ukuran sensornya yang kecil, otomatis kemampuan menangkap cahayanya juga lebih sedikit. Jadi kita harus mengakalinya dengan memotret di tempat yang cukup terang dan cahaya yang ideal.
  2. Pilih objek foto yang menarik dan indah. Perbanyak melihat referensi atau hasil karya fotografer lain, sering-sering stalk timeline IG mereka lalu pelajari objek yang biasa mereka potret. Jika tertarik memotret sunset atau sunrise, jadikan itu objek utama kamu. Tertarik memotret gunung atau landscape? Temukan hal atau view paling menarik yang bisa kamu potret.
  3. Usahakan juga agar objeknya diam, sehingga fokus foto akan bagus. Salah satu kelebihan utama kamera DSLR atau mirrorless dalam memotret adalah kemampuan menagkap objek dengan kecepatan tinggi. Berbeda dengan kamera smartphone yang agak kurang mampu memotret benda bergerak dengan baik. So, dalam pemilihan objek yang ingin kamu potret usahakan objeknya diam ya.
  4. Latih tanganmu memegang handphone dengan stabil, agar jepretanmu tidak blur. Dengan tangan yang stabil tentu akan mendukung hasil jepretanmu lebih sempurna dan tidak kabur.
  5. Mendekatlah ke objek yang dipotret (kecuali yang kamu potret itu komodo, atau hewan buas,hehehe).  Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapat jika mau mendekat ke objek yang dipotret. Pertama adalah efek bokeh pada backgroundnya. Jangan menggunakan zoom kamera yang hasilnya akan buruk dan mengurangi resolusi gambar.
  6. Pilih aplikasi kamera bawaan handphone atau smartphone, agar resolusi foto tetap terjaga. Memotret dengan aplikasi pihak ketiga biasanya akan memangkas kualitas foto karena sudah ditambah beragam efek dan filter yang tersedia. Pengecualian jika kamu memilih menggunakan aplikasi khusus fotografi semacam Camera FV-5. Aplikasi semacam ini justru disarankan karena mengoptimalkan kamera smartphone dengan menambah fitur semacam pengaturan ISO atau aperture.
  7. Saat memotret tahan sedikit sampai kamera selesai menyimpan fotonya. Saat kamu menekan layar, kamera tak langsung memotret plus terkadang waktu shutter yang dipilih cukup lambat sehingga bergoyang sedikit hasilnya pasti blur.
  8. Angle is everything, sudut pemotretan itu sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Demikian juga saat memotret dengan kamera handphone. Perhatikan angle yang kamu pilih, setidaknya kamu sudah bisa membayangkan hasil fotonya nanti seperti apa.
  9. Pelajari komposisi foto kamu, kecocokan objek, background, warna, dan aspek photography lainnya. Untuk mempermudah kamu, saat kamu akan memotret pikirkan kembali apakah objek dan latar serta benda-benda dalam frame sudah tampak cocok? Apakah masih ada cara agar tampak lebih baik lagi? Entah ada objek yang digeser atau kamu yang bergeser,  atau membersihkan tempat dari sampah yang terlihat. Hal-hal sederhana semacam itu cukup berpengaruh nantinya.
  10. Bersihkan lensa smartphonemu dari minyak, kotoran dan debu. Biasakan untuk membersihkan lensa sebelum memotret, gunakan kain halus semacam pembersih kacamata untuk membersihkan dari kotoran atau sidik jari yang menempel. Sehingga gambarmu akan fokus dan sempurna.
  11. Gunakan tripod jika dirasa perlu. Ini bukan hal yang terlalu mendesak sih. Hanya jika kamu memotret di kondisi yang kurang cahaya atau pengen membuat foto slow speed light trail dengan smartphone. Meski begitu untuk bisa menghasilkan foto seperti itu kita butuh aplikasi khusus yang bisa memberikan pengguna kemampuan mengatur segitiga fotografi, terutama memilih shutter speed. Itupun tak bisa dipakai di semua jenis smartphone, hanya di beberapa tipe dan merk saja. Oh ya, agar supaya smartphonemu bisa ditaruh di tripod kamu butuh holder khusus yang bisa disambung ke mount tripod. Holder semacam ini banyak kok dijual secara online.
  12. Gunakan mode HDR di situasi yang kontras cahaya. Secara umum fitur HDR kita bisa gunakan saat memotret dalam kondisi dengan kontras yang tinggi. Misalnya memotret di siang terik tapi objeknya di bagian yang gelap entah karena dinaungi pepohonan atau di dalam pondok
  13. Buat fotomu bercerita. Salah satu trik supaya fotomu tampak menarik dan berkesan adalah membuat foto bercerita. Maksudnya adalah setiap orang yang melihat foto yang kamu potret itu, bisa mengerti makna dibalik pembuatan foto tersebut.
  14. Gunakan lensa tambahan, seperti lensa wide, fish eye, untuk smartphone agar hasil fotomu nggak monoton. Saat ini sudah banyak beredar  lensa tambahan khusus smartphone yang memberikan efek tersendiri bagi hasil foto.
  15. Edit fotomu dengan maksimal agar terlihat lebih indah, berkarakter dan punya daya tarik. Beberapa aplikasi foto yang cukup terkenal dan powerful untuk ini adalah Photoshop mobile, VSCO, Snapseed, Picsart, Lightroom dan semacamnya.Nah itu tadi tips-tips yang bisa kamu coba saat akan mengabadikan view, momen, dengan Handphone / smartphone….

    *hesbulkhofi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Respon Cepat
Limited Lifetime Guarantee
Jaminan Kepuasan
100% Transaksi Aman