Shopping Cart
Gambar 5 Fitur yang Wajib Ada Pada Jaket Outdoor dan Tips Memilihnya 1

5 Fitur yang Wajib Ada Pada Jaket Outdoor dan Tips Memilihnya

Fitur yang wajib ada pada jaket outdoor – Memilih jaket untuk outdoor ini tidak mudah. Jaket ini biasanya digunakan untuk kegiatan di outdoor sehingga salah dalam memilih akan membuat jaket tersebut fungsinya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bagi Anda yang menyukai dan hobi berpetualang maka pilihlah jaket yang mampu membantu petualangan Anda tersebut. Jaket outdoor yang banyak dicari adalah jaket gunung, jaket untuk mengendarai sepeda motor dan juga jaket untuk memancing.

Gambar 5 Fitur yang Wajib Ada Pada Jaket Outdoor dan Tips Memilihnya 2

Untuk jaket gunung tersebut memiliki fungsi melindungi tubuh dari hawa dingin dan angin yang berhembus di gunung. Angin gunung ini lebih dingin dibandingkan dengan angin di dataran rendah sehingga tidak semua jaket bisa digunakan di gunung tersebut.

Jaket khusus pengendara sepeda motor dan memancing harus mampu melindungi tubuh dari hawa dingin dan angin malam yang tidak bagus untuk kesehatan tubuhnya. Untuk bisa mendapatkan jaket outdoor terbaik ada beberapa fitur yang wajib ada pada jaket outdoor seperti berikut ini:

Windproof

Fitur yang wajib ada pada jaket outdoor pertama adalah windproof. Semua jaket outdoor terbaik memiliki fitur ini dimana mampu menahan hembusan angin di atas pegunungan maupun angin malam. Setiap layer penyusun jaket outdoor ini materialnya harus bisa menahan gempuran angin gunung yang dingin dan juga tajam.

Pori-pori pada jaket outdoor ini haruslah rapat dan juga tidak memiliki akses udara yang dingin dari luar yang mana juga dibawa oleh angin. Fungsi ini biasanya akan diletakkan pada bagian luar jaket. Supaya menjadi lebih maksimal maka jaket ini harus dipasangkan dengan inner yang mana mampu memberikan kenyamanan tinggi. Inner jaket ini biasanya menggunakan mesh atau puring. Keduanya bisa mengurangi panas tubuh yang terhalang oleh pori-pori yang ada di luar layer jacket.

Fitur Ringan

Fitur yang wajib ada pada jaket outdoor selanjutnya fitur ringan. Banyak yang menganggap adalah kemampuan jaket outdoor untuk menahan angin dan hawa dingin tersebut tebal dan tidak nyaman di tubuh. Padahal tidak semua jaket tersebut berat.

Untuk jaket yang digunakan untuk pendakian atau jaket gunung tentu jaket yang berat ini bisa menyebabkan rasa pegal pada tubuh, belum lagi jalur pendakian yang berat dan menantang ini membuat rasa lelah dan penat ini akan semakin terasa. Oleh sebab itulah performa jaket terbaik untuk menunjang aktivitas di luar ruangan adalah yang ringan. Dengan fitur itu bisa membuat pergerakan akan menjadi lebih bebas dan leluasa.

Yang menjadi masalah adalah tidak semua jaket untuk aktivitas luar ruangan ini dilengkapi dengan fitur lightweight. Jika ada sisi kelemahan jaket tersebut seperti tidak mampu menahan gempuran angin lebih bagus.  Bisa saja Anda menemukan jaket dengan fitur lightweight dengan kemampuan menahan angin yang bagus namun harganya lebih mahal dibandingkan dengan jaket outdoor yang tebal dan memiliki kemampuan penahan angin yang bagus.

Waterproof

Fitur yang wajib ada pada jaket outdoor selanjutnya adalah waterproof. Tidak hanya tas dan jam tangan saja yang harus tahan air namun jaket pun juga.  Bisa dibayangkan jika jaket yang Anda gunakan untuk aktivitas ini tidak mampu menahan air tentu akan banyak kerugian yang bisa Anda dapatkan.

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di luar ruangan terlebih lagi alam. Alam yang cerah dan terang bisa tiba-tiba berubah menjadi mendung dan hujan.  Selain itu kondisi pegunungan yang lembab akan membuat tubuh Anda menjadi tidak nyaman dan risiko basah pun bisa semakin tinggi. Jaket outdoor terbaik ini akan dilengkapi dengan lapisan anti air yang tebal dan solid.

Shining Color

Fitur yang wajib ada pada jaket outdoor selanjutnya adalah fitur shining color. Kecantikan warna jaket yang Anda miliki ini penting untuk Anda perhatikan. Jaket yang digunakan di indoor tidak akan terkena panas maupun terkena hujan. Berbeda dengan jaket outdoor yang mana akan sering terkena hujan dan angin.

Supaya terlihat selalu baru dan tetap menarik jaket outdoor Anda ini harus dilengkapi dengan fitur shining color. Anda yang melihat pendaki gunung profesional khususnya luar negeri ini akan menggunakan jaket outdoor dengan warna terang, mencolok dan juga warna yang kuat.

Selain itu ada alasan lain mengapa Anda sebaiknya memilih jaket dengan fitur shining color ini yaitu untuk membuat perbedaan jelas antara pendaki atau Anda dengan lingkungan yang ada di sekitar. Di tengah gunung yang berkabut, di padang salju, maupun hutan belantara warna yang cerah dan mencolok akan memudahkan identifikasi. Selain itu juga memudahkan penyelamatan jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan pendakian dan sebagainya.

Fitur Breathable

Fitur ini merupakan fungsi yang paling penting dari jaket outdoor. Beberapa fitur sebelumnya seperti tahan angin dan juga tahan air ini membuat jaket outdoor ini tidak nyaman digunakan. Namun dengan fitur ini jaket Anda akan nyaman digunakan. Anda jangan membeli jaket yang mana tidak ada fitur breathable karena kenyamanan Anda akan dikorbankan.

Fitur ini bukan hanya anti gerah saja namun juga membuat Anda tidak kepanasan karena sirkulasi udara di dalam jaket ini terjaga dengan baik. Sayangnya untuk mendaki gunung atau hiking ini fitur breathable tidak disarankan karena bisa membuat kesehatan dan ketahanan tubuh menjadi kurang baik. Fitur ini kebanyakan diletakkan di dalam inner layer. Material layer yang mengusung fitur breathable adalah puring.

Tips Memilih Jaket Outdoor Terbaik

Setelah Anda mengetahui fitur apa saja yang harus ada pada jaket outdoor tersebut ada baiknya jika Anda tahu bagaimana cara memilih jaket outdoor yang tepat. Sebelum membeli jaket sebaiknya Anda mengetahui seperti apa tujuan Anda dalam membeli jaket tersebut apakah untuk mendaki gunung, memancing atau sekedar melindungi tubuh Anda saat mengendarai sepeda motor.

Setelah mengetahui seperti apa tujuan Anda membeli jaket tersebut simak beberapa tips memilih jaket yang tepat untuk Anda di bawah ini:

  1. Ukuran

Tips pertama adalah perhatikan ukurannya. Jangan  membeli jaket yang mana ukurannya tidak sesuai dengan tubuh Anda. Pastikan jika jaket yang Anda beli tersebut mampu menutup tubuh Anda secara sempurna. Jangan membeli jaket yang terlalu sempit atau kecil yang mana bisa membuat resleting bagian depan tubuh Anda tidak bisa menutup sempurna.

  1. Resleting

Beberapa jaket outdoor ini mendukung fitur berupa pit-zaps. Fitur ini adalah resleting yang mana letaknya berada di bawah ketiak. Anda bisa membeli jaket yang memiliki fitur ini karena bisa membuat Anda menjadi lebih nyaman. Selain fitur breathable put-zaps akan menambah kenyamanan Anda dalam menggunakan jaket ini.

  1. Bahan

Tips terakhir adalah perhatikan bahannya. Pilih jaket yang bahannya menyematkan polar pada bagian dalamnya. Akan lebih bagus lagi jika Anda memilih jaket yang bahannya dilengkapi dengan teknologi goretex yang mana akan membuat lapisan jaket ini anti air dan kedap udara. Meski begitu jaket mampu mengalirkan udara panas keluar jaket dengan baik.

Demikianlah fitur-fitur yang wajib ada pada jaket outdoor yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Respon Cepat
Jaminan Kepuasan
Limited Lifetime Guarantee
100% Transaksi Aman
Kirim pesan
Butuh bantuan?
Halo kak,
Ada yang bisa Fida bantu?